Minggu, 02 September 2012

digital Push Processing

Digital Push Processing
Indoflyer, 12/14/2008 12:11:21 PM
 
Digital Push adalah teknik untuk mengambil foto di dalam kondisi kurang cahaya (low light) dengan tajam dan lalu mengolahnya di dalam software photo processing. Teknik ini bisa digunakan dalam pemotretan sehari-hari termasuk spotting.
 
Dalam pemotretan dimana cahaya kurang (low light), kecenderungan kamera adalah melakukan setting yang pelan pada shutter speed. Tanpa penggunaan tripod akibatnya kamera bergoyang dan foto menjadi kabur ataupun muncul ghost image. Dengan teknik ini walaupun gambar yang didapat menjadi gelap, tapi masih bisa diperbaiki dengan teknik sederhana di dalam photoshop. Sementara hasil foto yang kabur atau goyang, hampir tidak mungkin diperbaiki lagi.
 
Digital Push mengambil nama dari "Push Processing" di kamera film jaman dulu, yaitu fotografer mengambil foto secara underexpose lalu meminta bagian foto lab untuk melakukan "PUSH" atau membiarkan foto tersebut berada lebih lama di dalam pemrosesan bahan kimia. Walaupun noise dan grain akan timbul tapi hasil foto akan menjadi lebih terang.
 
Teknik Foto
 
Konsepnya sederhana, gunakan kecepatan shutter yang aman sesuai dengan teknik one over focal length. Gunakan setting shutter priority, dan pasang kecepatan shutter pada pilihan yang aman.
 
Tabel panduan
 
Zoom
tangan goyang
tangan kokoh
wide angle
1/60
1/30
medium angle
1/125
1/60
zoom
1/250
1/125
high zoom
1/500
1/250
 
Jadi apabila anda menggunakan lensa dengan focal length 200mm (kategori zoom) dan tangan anda termasuk tangan yang kokoh dalam memegang kamera, gunakan minimum shutter speed 1/125 untuk mendapatkan hasil yang tajam.
 
Editing
 
Selanjutnya dengan menggunakan photo editing software (misalnya photoshop), gunakan tool LEVEL untuk memperbaiki foto anda.
 
Contoh.
 

Data teknis :
 
focal length 160mm
ISO 100
shutter speed 1/800
waktu 07:12 am
 
Foto ini sangat gelap karena cahaya matahari juga belum sepenuhnya keluar. Penggunaan shutter 1/800 dimaksudkan untuk mendapatkan fokus yang tajam karena obyek bergerak sangat cepat sedangkan pengambilan di dalam pesawat yang juga sedang bergerak.
 
Dengan menggunakan software photoshop CS3 kita akan edit foto ini sehingga menjadi terang.
 
1. Pilih IMAGE --> ADJUSMENT --> LEVEL (atau CTRL + L)
 
 
Dari histogram yang ada terlihat bahwa foto ini sangat "underexpose" dimana di sebelah kanan terlihat kosong.
 
2. Di bagian highlight, geser slider ke arah kiri untuk menerangi area yang gelap.
 
 
 
3. Langkah selanjutnya, apabila foto ini dirasa masih juga terlalu gelap, anda bisa mencoba memainkan midtone dan juga shadow yang terdapat di bagian kiri untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Geser slider ke kanan dan ke kiri. Anda bisa mencoba sesuka hati, asalkan tidak lupa sebelumnya membuat backup dari foto ini terlebih dahulu.
 
 
 
Dan hasil foto sudah jauh lebih terang dengan obyek yang fokus dalam pengambilan di kondisi low light.
 
Selamat mencoba.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar