Senin, 03 September 2012

spesifikasi f-14 tom cat

F-14 Tomcat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
F-14 Tomcat
F-14 Tomcat DF-SD-06-03497.jpg
F-14 pada Perang Irak, Agustus 2004.
 Tipe Pesawat tempur superioritas udara
 Produsen Grumman Aircraft Engineering Corporation
 Perancang Bob Kress[1]
 Terbang perdana 21 Desember 1970
 Diperkenalkan September 1974
 Dipensiunkan 20 September 2006, AL AS
 Status Aktif di Iran
 Pengguna Amerika Serikat
Iran
 Jumlah produksi 712
 Harga satuan US$38 juta (1998)
F-14 Tomcat adalah pesawat tempur supersonik sayap ayun, yang bermesin dan berkursi ganda. F-14 merupakan pesawat tempur superioritas udara utama Angkatan Laut Amerika Serikat dari tahun 1972 sampai tahun 2006. Pesawat ini juga memiliki kemampuan serang darat setelah dilengkapi sistem LANTIRN.[2] Pesawat ini mulai dikembangkan setelah kegagalan proyek F-111B, dan merupakan pesawat tempur generasi ke-4 pertama Amerika Serikat, yang dirancang dengan didasari pengalaman bertempur dengan pesawat-pesawat MiG buatan Soviet pada Perang Vietnam.
Pesawat ini mulai dipakai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1972, menggantikan F-4 Phantom II. Pesawat ini juga sempat diekspor ke Iran pada tahun 1976. Pada tanggal 22 September 2006, pesawat ini resmi dipensiunkan dan digantikan oleh F/A-18E/F Super Hornet.[3]

Daftar isi

Sejarah

F-14 di atas kapal USS Enterprise.
Dua F-14A terbang di atas kapal induk Perancis, FOCH.
F14 2 Wiki.jpg
Program F-14 Tomcat dimulai ketika pengembangan F-111B, varian Angkatan Laut Amerika Serikat dari program Tactical Fighter Experimental (TFX), dianggap tidak memuaskan, karena terlalu berat dan kurang lincah. Angkatan Laut AS membutuhkan pesawat tempur pertahanan armada (fleet air defense fighter, FADF) yang peran utamanya adalah mencegat pesawat pengebom Soviet sebelum mereka bisa meluncurkan rudal ke arah armada laut, selain itu Angkatan Laut AS juga menginginkan pesawat yang memiliki kemampuan superioritas udara yang baik.
Pada bulan Mei 1968, Kongres Amerika Serikat menghentikan pendanaan untuk program F-111B, membuat Angkatan Laut AS bisa mengembangkan pesawat baru yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Angkatan Laut AS kemudian memulai tender untuk pengembangan pesawat baru. Dari lima perusahaan yang memberikan proposal (empat diantaranya menawarkan pesawat dengan sayap lipat seperti F-111), McDonnell Douglas dan Grumman dipilih sebagai finalis pada Desember 1968, dan akhirnya Grumman memenangkan kontrak ini pada Januari 1969. Sebelum ini, Grumman memang merupakan mitra dalam pengembangan F-111B, dan mereka sudah mulai memikirkan dan merancang pesawat baru ketika merasakan bahwa program F-111B akan gagal. Desain awal dan perkiraan harga sebelumnya sudah sempat disebarkan ke petinggi Angkatan Laut sebagai alternatif F-111B.[4] F-14 pertama kali terbang pada tanggal 21 Desember 1970, hanya 22 bulan setelah Grumman memenangkan kontrak ini.

Varian

F-14 Tomcat sonic boom.ogg
F-14 Tomcat sonic boom.
F-14A Tomcat supersonic flyby, 1986.ogg
F-14A Tomcat supersonic flyby, 1986.
712 F-14 telah diproduksi antara tahun 1969 sampai 1991 di pabrik Grumman di Calverton, Long Island.[5]
  • YF-14A: Prototip dan versi praproduksi. 12 buah.
  • F-14A: Versi produksi pertama, interseptor berkursi ganda untuk Angkatan Laut AS. Modifikasi pada saat-saat akhir menambahkan kemampuan serang darat. 545 buah dikirim ke Angkatan Laut AS, dan 79 buah ke Iran. 102 F-14A terakhir menggunakan mesin TF30-P-414A yang lebih baru.[6] Selain itu, F-14A ke-80 diproduksi untuk Iran, tetapi akhirnya dipakai AS.
  • F-14A + Plus atau F-14B: Pembaruan dari F-14A dengan mesin GE F110-400. 38 pesawat baru diproduksi, dan 48 buah F-14A dimutakhirkan ke bersi B ini.[7] Pada akhir tahun 1990-an, 67 F-14B diperbarui dengan badan pesawat baru dan peralatan avionik mutakhir. Pesawat dengan modifikasi ini diberi nama F-14B Upgrade.[6]
  • F-14D Super Tomcat: Varian terakhir F-14. Mesin TF-30 diganti dengan GE F110-400, seperti pada F-14B. F-14D juga ditambah peralatan avionik digital terbaru termasuk Glass cockpit, dan radar APG-71 menggantikan AWG-9. 37 pesawat baru diproduksi, dan 18 F-14A dimutakhirkan ke versi D.[7]

Spesifikasi (F-14D Super Tomcat)

Karakteristik umum

Kinerja

Persenjataan

ECN-13222-small.jpg
13,000 lb (5,900 kg) of ordnance including:

Avionik

Catatan kaki

  1. ^ Bob Petrella (Writer), Max Raphael (Narrator). (2002, March 12). Modern Marvels DVD. The History Channel.
  2. ^ "F-14 Tomcat fighter". U.S. Navy Fact File. United States Navy. Kesalahan: waktu tidak valid. Diakses pada 20 Januari 2007.
  3. ^ Barisic, Sonja, "Navy's iconic 'Top Gun' jet makes ceremonial final flight, with 1 hitch ", (Associated Press), 2006-09-22. Diakses pada 20 Januari 2007. Baca selengkapnya di sini.
  4. ^ Connolly, Admiral Thomas F. Connolly (24 Agustus 1995). The TFX-One Fighter For All, in "Into the Jet Age". Annapolis: Naval Institute Press.
  5. ^ Anft, Torsten. "Grumman Memorial Park". Home of M.A.T.S.. Diakses pada 28 Desember 2006.
  6. ^ a b "F-14 Tomcat". GlobalSecurity.org. Diakses pada 30 September 2006.
  7. ^ a b Anft, Torsent. F-14 Bureau Numbers "F-14 Bureau Numbers". Home of M.A.T.S.. Diakses pada 30 September 2006.

Lihat pula

Pengembangan yang berhubungan

Pesawat sebanding

Urutan penamaan

Pranala luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar