Kamis, 30 Agustus 2012

daftar airport terbaru indonesia

Daftar bandar udara di Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Berikut ini adalah daftar bandar udara di Indonesia beserta kode IATA masing-masing, tetapi tidak semua bandara memilki kode IATA:

Daftar isi

Internasional

Sumatera


Jawa

Bali dan Nusa Tenggara

Kalimantan

Kalimantan Tengah
  • PKY – Bandar Udara Tjilik Riwut – Palangka Raya
  • MTW – Bandar Udara Beringin – Muara Teweh
  • PKN – Bandar Udara Iskandar – Pangkalan Bun
  • SMQ – Bandar Udara H. Asan – Sampit
  • TBM – Bandar Udara Tumbang Samba – Katingan
  • WAOU – Bandar Udara Sanggu – Buntok
  •  ??? – Bandar Udara Dirung Lingkin - Purukcahu
Kalimantan Timur
  • TRK – Bandar Udara Internasional Juwata – Tarakan
  • SRI – Bandar Udara Temindung – Samarinda
  • BEJ – Bandar Udara Internasional Kalimarau – Berau
  • BXT – Bandar Udara Bontang – Bontang
  • BPNBandar Udara Internasional SepingganBalikpapan
  • BEJ – Bandar Udara Kalimarau – Tanjung Redeb
  • NNX – Bandar Udara Nunukan – Nunukan
  • TNB – Bandar Udara Tanah Grogot – Tanah Grogot
  • KOD – Bandar Udara Kotabangun – Kutai Kartanegara
  • SZH – Bandar Udara Senipah – Kutai Kartanegara
  • DTD – Bandar Udara Datah Dawai – Kutai Barat
  • TSX – Bandar Udara Tanjung Santan – Marang Kayu, Kutai Kartanegara
  • SGQ – Bandar Udara Sangkimah – Sangatta, Kutai Timur
  • MLK – Bandar Udara Melalan – Melak, Kutai Barat
  • LBW – Bandar Udara Yuvai Semaring – Krayan
  • BYQ – Bandar Udara Bunyu – Pulau Bunyu, Bulungan
  • NAF – Bandar Udara Banaina – Bulungan
  • TJS – Bandar Udara Tanjung Harapan – Tanjung Selor, Bulungan
  • MLN – Bandar Udara R.A. Bessing – Malinau
  • LPU – Bandar Udara Long Ampung – Kayan Selatan, Malinau
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
  • PNKBandar Udara Internasional SupadioPontianak
  • PSU – Bandar Udara Pangsuma – Putussibau
  • KTG – Bandar Udara Rahadi Oesman – Ketapang
  • SQG – Bandar Udara Susilo – Sintang
  • NPO – Bandar Udara Nanga Pinoh – Nanga Pinoh, Melawi

Sulawesi


Ket: Bandar udara internasional memiliki 2 jenis penerbangan, yaitu penerbangan internasional dan penerbangan domestik.

Domestik

Sumatera

Jawa

Bali dan Nusa Tenggara

Kalimantan

Sulawesi

Maluku

Papua

Pangkalan militer

Pranala luar

[tampilkan]
Daftar bandar udara di Asia

dunia replika

Dunia Replika Burung Besi
Felix Wang, 3/5/2008 2:03:21 PM
 


Pemilihan Skala
Ukuran skala Die-cast models yang paling sering ditemui di seantero dunia dan diproduksi secara massal adalah 1:200, 1:400, 1:500, dan 1:600. Model-model terbaik berskala 1:200 yang mempunyai kualitas terbaik ( dari segi detil warna, teknik pengecatan, dan detil spare parts ) adalah produksi Herpa Wings (Jerman) dan StarJets (AS). Model-model produksi kedua perusahaan tersebut terbuat dari besi dengan beberapa bagian terbuat dari plastik, seperti roda-roda pendarat dan mesin (untuk lebih dapat memperjelas detilnya). Produk pesawat model berskala 1:200 lain yang juga sering ditemui adalah produksi Long Prosper dan Wooster. Bagi kolektor yang lebih menyukai pesawat model sebagai hiasan meja ( antara lain sebagai pelengkap etalase biro perjalanan/agen tiket ), kedua jenis produk ini cukup menarik, karena ukurannya ideal (tidak terlalu besar atau terlalu kecil), sehingga logo maskapai penerbangan yang diwakilinya terlihat jelas, selain itu, koleksi logo maskapai penerbangan yang dilempar ke pasaran cukup lengkap ( termasuk beberapa special livery seperti Wunala Dreaming untuk pesawat Boeing 747-400 Qantas ). Sifatnya pun portabel – mudah dibawa karena terbuat dari plastik, dan jika akan dikemas dalam kotaknya cukup melepas kedua sayap, ekor horizontal, dan stand-nya. Namun bagi kolektor yang menyukai detil, produk Long Prosper dan Wooster tidak terlalu menarik, terutama karena tidak disertai roda-roda pendarat ( image yang ditampilkan adalah model pesawat yang sedang terbang di udara – dengan roda-roda pendarat yang retracted atau berada dalam ruangnya ). Karena berbahan baku plastik, harganya pun tidak terlalu mahal untuk ukuran skala 1:200 – jika dibandingkan dengan harga pesawat model skala 1:200 produksi Herpa Wings yang rata-rata mencapai USD 100.00 per unitnya.
Produsen utama yang bermain di pasar pesawat model berskala 1:400 selama ini adalah Big Bird, Dragon Wings, Gemini Jets, Herpa Wings, Aeroclassics dan Tucano Line. Menurut pengamatan Penulis, kualitas model-model kelima produsen tersebut hampir sama baiknya. Produksi terbanyak, dari segi keragaman livery maskapai penerbangan dan jenis pesawat terbang, dihasilkan oleh Gemini Jets – yang sekaligus juga memproduksi model-model berskala 1:400 dengan kualitas detil paling terperinci. Dragon Wings menyusul di urutan kedua. Perusahaan yang berkedudukan di Hongkong ini memproduksi model-model berskala 1:400 dengan keragaman airline livery, kualitas detil, dan jenis pesawat terbang yang kurang lebih sama seperti Gemini Jets, hanya saja, kedua sayapnya terbuat dari plastik – sehingga harganya sedikit di bawah Gemini Jets; namun menurut salah satu dealer Dragon Wings di Jakarta (Peter&Partner Hobby Shop), karena terbuat dari plastik, sayap pesawat model produksi Dragon Wings mudah patah. Dragon Wings juga memproduksi beberapa edisi khusus model pesawat terbang ( umumnya dengan special livery dan dipasarkan lebih mahal daripada model-model regulernya ) dengan merk Jet-X. Jet-X saat ini juga telah memproduksi sejumlah kecil model berskala 1:500, yaitu jenis Embraer Regional Jet (ERJ) 145 dan CRJ 200 ( di antaranya dalam livery China Southern Airlines dan Alitalia ). Tucano Line dan Big Bird menguasai ceruk pasar pesawat terbang skala 1:400 – Tucano Line merupakan satu-satunya produsen model berskala 1:400 yang menghasilkan model-model pesawat jet komersial Rusia ( misalnya: TU-154 Aeroflot, Air Koryŏ, Cubana, atau Sichuan Airlines ), sementara Big Bird hanya memproduksi model pesawat Boeing 747 berskala 1:400. Kualitas detilnya sama baiknya dengan Gemini Jets, tetapi produksinya sangat terbatas dan umumnya merupakan model dengan special livery ( contoh: Boeing 747-400D ANA dengan gambar tokoh-tokoh Pokémon ). Asal tahu saja, Big Bird adalah perusahaan yang tidak pernah mencantumkan alamat pabrik maupun website-nya pada kemasan, sebab bisnis yang mereka lakukan adalah ilegal ( memproduksi model-model pesawat terbang sama sekali tanpa lisensi / izin dari maskapai penerbangan yang bersangkutan – alias menggunakan nama atau trade mark perusahaan lain untuk keuntungan pribadi ). Walaupun demikian, model-model keluaran Big Bird tetap dijual dengan harga di atas model-model reguler yang diproduksi keempat produsen lainnya. Aeroclassics mempunyai pangsa pasar tersendiri: mereka memproduksi jenis pesawat maupun livery historis ( pesawat terbang dengan logo yang saat ini sudah tidak digunakan lagi ). Jenis model yang dirpoduksi antara lain: Douglas DC9-10, Vickers Viscount, dan Lockheed Electra ( sayangnya sampai saat ini Aeroclassics belum memproduksi model Mandala Airlines – padahal model pesawat Lockheed Electra dengan logo Mandala sangatlah menarik; sampai awal tahun 1990-an maskapai ini masih mengoperasikan 2 unit pesawat berbaling-baling empat tersebut, masing-masing dengan registrasi PK-RLD “Kencana Wungu” dan PK-RLF “Rangga Gading” ). Rilis terbaru Aeroclassics yang disambut sangat antusias oleh para kolektor di Indonesia ada 3 model Fokker F28 Mk1000/3000 dalam livery Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, dan Pelita Air ( ketiga model ini sekarang sangatlah sulit diperoleh lantaran diproduksi dalam jumlah yang terbatas ).
Satu-satunya produsen model pesawat terbang berskala 1:600 adalah Schabak, yang berkedudukan di kota Nürenberg, Jerman. Jangan ditanya kualitasnya – model-model produksi Schabak adalah yang terburuk di dunia ( walaupun beberapa model skala 1:200 produksi Indonesia, seperti yang dijual di Terminal II Sœkarno-Hatta masih jauh lebih buruk penampilanya ). Hal ini disebabkan Schabak menggunakan decal (stiker air) untuk “mengecat” model-modelnya, sehingga tak jarang stiker tersebut terkelupas dari tubuh mauopun ekor pesawat terbang ( atau warnanya berubah akibat pengaruh ultraviolet – yang seharusnya putih lama-kelamaan menjadi kuning muda ). Selain itu, kualitas detil bagian-bagian tubuh pesawat ( roda-roda pendarat, flaps, winglet, engine pylon, jenis mesin, jumlah jendela/pintu, dll ) sangatlah rendah. Harganya pun jauh lebih murah ( rata-rata sekitar 60% harga model-model pesawat berskala 1:500 ), namun masih tergolong terlalu mahal untuk diberikan kepada anak-anak sebagai mainan. Schabak juga memproduksi beberapa model pesawat terbang dalam skala 1;500, namun kualitasnya tetap saja rendah dan tidak pantas untuk diperhitungkan. Namun karena perusahaan ini tidak meminta maupun membayar lisensi dari setiap model airline yang diproduksinya, jumlah ragam model yang diproduksi lebih banyak; atau dengan kata lain ada beberapa model yang tidak/belum diproduksi oleh produsen-produsen model pesawat terbang lainnya – contoh: Lockheed Tristar L1011 BWIA dengan logo steel drum, Boeing 727-200 Ariana Afghan Airlines dan Palestinian Airlines, Boeing 747-400 dan Airbus A340-300 Air China, atau L1011 American Trans Air dengan logo Pleasant Hawaiian Holidays. Penulis sendiri juga sebelumnya mengoleksi model-model berskala 1:600 produksi Schabak selama 10 tahun, namun karena semakin sulitnya memperoleh model-model tersebut di Indonesia maupun AS ( kalaupun ada, kondisinya pun tidak prima ), akhirnya mulai tahun 2001 Penulis berhenti mengoleksi pesawat model berskala 1:600. Sekitar awal 1990-an, model-model produksi Schabak cukup populer di Jakarta dan Surabaya – antara lain dijual di toko-toko hobby Best Replica, Sogo Department Store, dan Automobilia. Pemilik Best Replica mengemukakan karena rendahnya kualitas model-model Schabak ( sehingga banyak model pesawat yang tidak laku terjual lantaran stikernya rusak ), sejak tahun 1994 mereka hanya menjual produksi Herpa Wings berskala 1:500 dan 1:400. Kelemahan Schabak yang lain menurut Penulis adalah ketidakpedulian terhadap detil ukuran model pesawat; misalnya: tidak ada perbedaan panjang antara model Boeing 737-300 dan 737-400 ( seharusnya Boeing 737-400 memiliki fuselage yang lebih panjang daripada seri –300 ).
Sebagai kolektor pesawat model berskala 1:500,dalam artikel selanjutnyapenulis akan mengulas lebih dalam tentang perusahaan-perusahaan yang memproduksi model-model pesawat terbang tersebut.

8 pesawat tercanggih in the word

8 pesawat tempur tercanggih di dunia

Leave a comment
 
 
 
 
 
 
28 Votes



F-22 Raptor, pesawat tempur tercanggih di dunia saat ini
Tidak ada satupun pesawat di Bumi yang bisa mengalahkannya kecanggihannya.
Inilah F-22 Raptor, pesawat tempur futuristik dari generasi ke 5.
Apa keunggulan definitif pesawat tempur generasi ke-5 ini dibanding generasi ke-4 (F-14 s/d F-18)?
Inilah keunggulan utamanya :
1. Stealth
Pesawat tempur tercanggih ini tidak akan terlihat radar musuh. Kalau pesawat anda tidak bisa dilihat, maka anda akan nyaris mustahil ditembak, dijatuhkan, dan dikalahkan. Teknologi masa depan ini terutama dihasilkan berdasarkan rekayasa struktur bentuk pesawat dan material yang menyerap gelombang radar, RAM, Radar Absorbent Material.
2. Mini AWACS, “First-look, first-shot, first-kill”.
Pesawat F-22 mempunyai radar dengan jangkauan lebih jauh dari pesawat-pesawat lain, bahkan nyaris setara AWACS. Artinya F-22 dapat melihat anda jauh sebelum anda bisa melihat pesawat itu. F-22 juga memiliki sistem Radar LPI super canggih (Low Probability of Intercept Radar), artinya pesawat yang telah terdeteksi radar F-22 tidak akan bisa tahu kalau dia sudah terdeteksi dan radar warning-nya tidak akan menyala.
3. Manuverabilitas Super.
F-22 memiliki teknologi Thrust Vectoring di ekornya, artinya pengeluaran energi mesinnya dapat diarahkan secara mekanis dengan lebih fleksibel. Ini membuat kemampuan manuvernya lebih tinggi.
4. Persenjataan Internal.

Persenjataan F-22 tersembunyi di dalam pesawat, dan baru terbuka saat akan ditembakkan. Ini membuat tingkat Stealth-nya menjadi lebih tinggi, dan aerodinamikanya membuat pesawat ini bisa terbang lebih cepat dan lebih efisien.

Pesawat Tempur Tercanggih Versi DERA
Berdasarkan riset dari Defense Evaluation And Research Agency, F-22 adalah pesawat tercanggih dan paling mematikan di dunia, bahkan 10 kali lebih mematikan dari pesawat terbaik Rusia saat ini, SU-35 (berdasarkan teori yah gan).
Dibandingkan pesawat tempur tercanggih Eropa Eurofighter Typhoon, F-22 dua kali lebih berbahaya. Artinya setiap satu pesawat F-22 bisa menembak jatuh 2 pesawat Typhoon. Sedangkan pesawat Amerika generasi sebelumnya, F-16, tidak akan mungkin mengalahkan F-22 dalam kondisi apapun.

NB : Memang berdasarkan teori pesawat tempur F-22 adalah yang paling tercanggih dan paling mematikan di dunia pada saati ini, tetapi hal ini belum dibuktikan secara praktek, dan harus dibuktikan secara praktek.
Mari kita tunggu bagaimana pembuktiannya
:D :D:D
Bonus = beberapa pesawat canggih dan mematikan di dunia :
Spoiler untuk Bonusnya nih gan:

Spoiler untuk China Advanced Fighter, Shenyang J-11B:
Spoiler untuk Eurofighter Typhoon, pesawat yang mematikan:
Spoiler untuk Dassault Rafale:
Spoiler untuk F-22 Raptor, pesawat paling tercanggih saat ini:
Spoiler untuk F-18F Super Hornet:
Spoiler untuk Su-37 Terminator:
Spoiler untuk China Chengdu J-10:
Spoiler untuk Su-27 Flanker, Russian Knight:

10 pesawat tanpa awak

10 Pesawat Tanpa Awak Tercanggih di Dunia

Berbagai upaya dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan dan jatuhnya korban jiwa. Teknologi pesawat tanpa awak adalah salah satu terobosan baru untuk mengurangi jatuhnya korban nyawa manusia dalam tugas-tugas di udara. Teknologi pesawat tanpa awak seperti apa ya yang kini telah berkembang? Berikut ini ada beberapa jenis pesawat tanpa awak yang pada umumnya di pakai , yuk kita simak bersama-sama!!!


1. RQ-8A Fire Scout
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

RQ-8A Fire Scout: Helikopter tanpa awak ini diadopsi dari jenis helikopter ringan Schweizer Model 330SP. RQ-8A Fire Scout digunakan oleh U.S. Navy dalam misi pengintaian. Helikopter ini dapat beroperasi selama empat jam lebih dengan jarak 120 mil dari pusat kendali. Fire Scout dilengkapi dengan sistem navigasi berbasis GPS dan mampu beroperasi secara otonom. Karena mampu beroperasi secara otonom, pusat kendali dapat mengendalikan tiga helikopter tak berawak ini secara simultan. Sea Scout, kembangan dari helikopter tak berawak ini, bahkan mampu mengangkut rudal udara-darat (air-to-surface missiles) untuk misi pengeboman.


2. RQ-2B Pioneer


Pesawat tanpa awak ini adalah hasil kolaborasi antara AAI Amerika dan Israel Aircraft Industries. Pesawat ini telah dipergunakan oleh U.S. Marine Corps, U.S. Navy dan U.S. Army sejak 1986. Pioneer bertugas melakukan pengintaian, pengawasan, pencarian target, dan mendukung penembakan angkatan laut baik pada siang hari maupun malam hari. Pesawat ini dapat diluncurkan dari kapal dengan bantuan dorongan roket atau diluncurkan dari darat dengan bantuan ketapel. Dengan panjang badan 14 kaki dan rentang sayap 17 kaki, Pioneer dapat terbang hingga ketinggian 15,000 kaki selama lima jam. Pioneer dapat mengangkut beban hingga 37 Kg dan dapat dilengkapi dengan sensor optic atau infrared dan alat pendeteksi ranjau.


3. Boeing Scan Eagle


Pesawat berbobot 20 Kg ini dapat terbang selama 15 jam dengan ketinggian lebih dari 16,000 kaki dan kecepatan 60 mil per jam. Pesawat ini dapat diluncurkan baik dari darat maupun dari kapal laut. Scan Eagle adalah pesawat tanpa awak yang tidak dapat dideteksi oleh radar, selin itu suaranya pun hampir tidak terdengar. Scan Eagle terbang dengan dipandu sistem GPS dan dilengkapi dengan kamera dan sensor infra-red.


4. Northrop Grumman Global Hawk
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

Northrop Grumman Global Hawk: Global Hawk adalah pesawat tanpa awak yang terbesar dan tercanggih di dunia saat ini. RQ-4 Global Hawk adalah pesawat tanpa awak pertama yang mem[eroleh sertifikasi dari FAA (badan penerbangan Amerika) untuk terbang dan mendarat di bandara sipil secara otomatis. Karena keunggulannya ini, Global Hawak diharapkan dapat menjadi perintis pesawat penumpang dengan pilot otomatis dimasa mendatang. Pada saat pengujian, Global Hawk mampu terbang dari Amerika Serikat menuju Australia pulang pergi dengan membawa sejulah alat pengintai. Untuk keperluan militer, pesawat ini dapat dipergunakan untuk melakukan pengintaian, pengawasan dan survey intelejen pada daerah yang luas dan dalam jangka waktu yang lama.


5. General Atomics MQ-9 Reaper
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

General Atomics MQ-9 Reaper: Reaper adalah pesawat multi fungsi tanpa awak yang dikembangkan untuk menjadi mesin penghancur. Dalam operasi militer Amerika di Afghanistan dan Irak, MQ-9 dilengkapi dengan rudal AGM-114 Hellfire dan dipergunakan untuk memburu dan menghancurkan target. Pesawat ini dapat mengangkut beban hingga lima ton, berkecapatan 230 mil per jam pada ketinggian 50,000 kaki dan dapat terbang sejauh 3,682 mil. Pesawat ini dilengkapi dengan IR targeting sensor, laser rangefinder dan synthetic aperture radar. MQ-9 dapat dibongkar pasang dan diangkut ke berbagai lokasi dengan mudah.


6. AeroVironment Raven dan Raven B
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

AeroVironment Raven dan Raven B: RQ-11A Raven, yang dibuat pada tahun 2002-2003, adalah versi kecil dari 1999-vintage AeroVironment Pointer, yang dilengkapi dengan GPS navigation system, dan peralatan control. Badan pesawat ini terbuat dari Kevlar dan berbobot, dua Kilogram. Pesawat tanpa awak ini memiliki radius operasi lebih dari 6 mil dan dapat terbang selama 80 menit pada kecepatan 60 mil per jam. Raven B dilengkapi dengan berbagai jenis sensor dan laser target designator.


7. Bombardier CL-327
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

Bombardier CL-327: Karena bentuknya yang unik, pesawat tanpa awak ini sering disebut sebagai kacang terbang. Bombardier CL-327 VTOL adalah pesawat pengawas tanpa awak yang dimotori mesin Williams International WTS-125 turboshaft engine berdaya 100 tenaga kuda. Dengan bobot maksimum 300 Kg saat takeoff, CL-327 dapat difungsikan sebagai alat relay komunikasi, menginspeksi keadaan lingkungan dan melakukan patroli di daerah perbatasan. Pesawat ini telah banyak membantu aparat dalam upaya pemberantasan narkotika dan dalam operasi-operasi pengintaian militer. Pesawat ini dapat mengudara selama lime jam dan dilengkapi dengan berbagai sensor, datalink systems dan sistem navigasi baik berupa GPS maupun inertial navigation systems.


8. Yamaha RMAX
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

Yamaha RMAX: Pesawat ini adalah pesawat terbang tanpa awak yang paling banyak dipergunakan di dunia untuk keperluan non militer. Helikopter mini Yamaha RMAX, dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan misalnya untuk menyemprotkan pestisida dan pupuk, dan melakukan survey untuk keperluan penelitian. Helikopter ini mempergunakan mesin YAMAHA dua langkah dan dapat terbang hingga ketinggian 500 kaki.


9. Lockheed Martin Desert Hawk
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

Lockheed Martin Desert Hawk: Desert Hawk mulai diproduksi pada tahun 2002, untuk memenuhi kebutuhan militer Amerika dalam misi-misi pengawasan di Irak. Desert Hawk digerakkan dengan mesin listrik dan dilengkapi dengan GPS. Pesawat ini dapat terbang hingga ketinggian 1000 kaki dan beroperasi secara otonom dengan panduan GPS. Pesawat tanpa awak ini dapat terbang dengan kecepatan 57 mil per jam dalam radius tujuh mil.


10. General Atomics MQ-1 Predator
kaskus-forum.blogspot.com - INI DIA...10 PESAWAT TANPA AWAK TERCANGGI DIDUNIA.....!!!!!

General Atomics MQ-1 Predator: Predator yang mampu terbang dengan kecepatan 135 mil per jam ini adalah pesawat pengintai tanpa awak yang dilengkapi dengan persenjataan tempur. Predator mampu terbang hingga ketinggian 25,000 kaki & menempuh jarak 450 mil. Predator dilengkapi dengan dua rudal AGM-114 Hellfire berpemandu laser. Pesawat ini merupakan pesawat terbang tanpa awak pertama yang dapat menghancurkan terget-terget di darat. Predator pertama kali dipergunakan dalam operasi militer Amerika di Afghanistan.

Demikian ulasan tentang psawat canggih tanpa awak yang bisa saya bagikan kepada sobat semua.
Semoga artikel unik diatas bisa menambah wawasan sobat semua.